Hai My Blog, bagaimana
kabar di sana? Yang di mana ya? Yang ada di hati aja deh, haha.
Sudah sekali aku tidak
membuat postingan alay di blog saya yang indah ini, ya.
Oke begini saja saya
akan menceritakan hal yang paling umum dulu ya tentang pengalaman saya di buan
November. Ane meninggalkan bangku kuliah dan akhirnya nguli atau ngebabu demi
negara, coy. Tepatnya tanggal 10 November saya dan empat orang alumnus sekolah
tinggi kamu datang ke KPP (Kantor Pelayanan Pratama) Tegal di Jalan Kolonel
Sugiyono kalau tidak salah. Kami bertemu dengan Bu Toipah yang mengurus
anak-anak PKL, magang, atau pun OJT di kantor. Beliau merupakan orang penting
di Subbag Umum, salah bagian kantor yang mengurus hal-hal umum di luar tugas
pengumpulan pajak, ya pekerjaan terkait oritentasi pegawai baru, penerimaan
pegawai baru, absensi, gaji pegawai, surat-menyurat, yah hal umum di bagian
belakang kantor, yang mengurus dan melayani pegawai di kantor. Alhamdulillah,
kami tidak pernah sekalipun bertemu dengan kepala kantor sampai detik ini.
Kepala Subbag Umum pun tidak mengatakan apapun kepada kami, kami hanya bertemu
dengan bu Toipah lalu menunggu dibuatkan surat atau nota dinas bahwasanya kami
akan OJT (On the Job Training) di kantor selama kurang lebih minimal emapt
bulan.
Setelah kami menunggu
hanya dua jam, kami langsung diberikan nota dinas dan ke lantai bawah agar
jempol kami bisa buat absen di alat fingerprint. Yah alat seperti itu sudah menjadi
bagian yang lazim di sekitar kantor bukan. Saya dan Tia mendapat bagian di
seksi pelayanan, Uzi dan Nurdin ditempatkan di ekstensifikasi, dan Zandra,
anggota geng icikiprit paling cantik di anatar berlima (wkk) ditempatin di
Subbag Umum. Jelas kalau Zandra ditempatin di umum karena wajahnya bagaikan
Rapunzel di film kartun terkenal Disney, sedangkan saya di pelayanan karena
wajah saya lebih mirip Cinderella sehingga layak di tempat yang harus melayani
semuanya. Haha, itu hanya bercanda, karena memang saya dapat kocokannya di
pelayanan. (emang arisan apa).
Entahlah apa alasana
mengapa bu Toipeh (yang nama akun messengernya adalah Tipeh cantiq) itu memilih
princess kayak saya menjadi bagian dari seksi pelayanan. Yang jelas, selama
empat minggu saya dan Tia Martina harus bergelut dengan perkerjaan yang biasa
kami sebut dengan ENDLESS JOB (Bukan
Endless Love), artinya pekerjaan yang tidak akan pernah berhenti walau
kalian bekerja dengan sekuat tenaga, melototin kertas dari jam 6 pagi sampai
jam 6 pagi lagi karena SPT dari KPP sendiri dan KPP lain bakal akan terus ada
setiap harinya. Belum lagi orang atau badan yang mau buat NPWP dan badan
khususon yang mau dikukuhkan menjadi PKP.
Sebelum saya
menceritakan hal indah dalam beberapa minggu ini, saya kan beritahu apa itu
NPWP, Nomor Pokok Wajib Pajak, yang terdiri dari lima belas digit sebagai nomor
bagi wajib pajak dalam menjalankan hak dan kewajibannya di bidang perpajakan.
Tiap hari neh pasti ada aja yang buat NPWP, dari anak SMK yang belum jelas
bakal lulus UAN tahun depan, dari kuli bangunan yang disuruh majikannya buat
NPWP yang belum jelas gajinya dapat berapa, apakah melibihi PTKP (Penghasilan
Tidak Kena Pajak), dari pedagang yang disuruh bank untuk buat NPWP demi
mendapatkan modal atau pinjaman dari bank, yang mungkin tidak seberapa(gak
nyampe 5 juta kali), yang harus lapor SPT dia yang NIHIL, atau dari penjual
warteg yang kudu bayar 1% dari omzet mereka tiap bulan ke bank atau kantor pos,
dan lain-lain sebagainya, pokoknya macam-macam dah.
Namun, kerjaan ane dan
Tia belum disuruh ngadepin pendaftaran NPWP atau pengukuhan PKP (Pengusaha Kena
Pajak), tetapi masih harus ngadepin kertas, terus..kertas..terus kertas..terus
kertas. Ya gitu deh, kerjaan ane, dari ngecek apakah tahun pajaknya bener,
apakah PTKP nya bener, ada tanda tangannya enggak, baru lanh dibuat LAPD
(lembar Pengawasan Arus Dokumen). Nyetak LPAD tidak main-main lo sodara-sodaram
kalau antar jenis pajak dan tahun pajak beda denga SPT (Surat Pemberitahuan),
makan itu udah gak bisa diedit dan udah bakal masuk sistem, solusinya ane
serahin ke senior, wkk. Gak,gak. Kita bakal telepon LASIS, untuk mengubah data
cuy. Tapi itu bukan hak dan wewenang saya, jadi biarlah yang salah diserahkan
ke senior (parah banget luh, Win).
Selain cetak LPAD, ane
dan Tia diberikan tugas yang sangat mulia banget oleh Pak Bos, yaitu Kasi
Pelayananan, buat ngecek SPT (lagi) diitung lembarannya dan kasih barcode di
atas LPAD. Itu ada 1000 lebih SPT yang harus ane barcode dan itu pasti ada
terus setiap harinya Cuy, ane juga kagak ngerti ini kenapa masih ada aja
kerjaan barcode yang harus udah lama dikirim ke KPDDP atau PPDDP, tapi baru
dikerjain sekarang. Udah pasti ada beberapan yang dikirim, tapi tahun lalu coy,
yang dibalikin lagi karena kurang teliti. Jadi yang dibalikin lagi ke kantor
ada sekitar 1000 SPT. Dan ane dan Tia harus ngecekin itu semua (lagi). Tentunya
bukan berdua ajeh, tapi, pak Alfa dan mas Ary bantu kami. Haha. (Ya masak
Cinderella dibikin lecet tangannya gara-gara SPT).
Gegara kami kerjaannya
liatin SPT, Pak Imam sampai bilang, “Gak
makan? Oo makan SPT ya?” haha. Capai deh, haha. Memang kenyataannya demikian.
Kalau masalah PKP itu urusan Pak Kasi, Bu Anis, dan Pak Imam, atau
kadang-kadang barenga mas Hafid atau mba Nana. Pokoknya katanya kasi sekarang
lebih perfectionis, maunya bener semua dan harus pintar untuk menggali potensi
pajak lebih dari PKP, dari PPh pasal 4(2) dan PPh pasal 23, atau yang lainnya.
Pokoknya keren sihh.
Selain itu ane, suka
banget nrima telepon dari wp, walaupun pernah suatu kali di OJT, ditanya kapan
yang harus lapor SPT PPN, saya nanya ke mana-mana, tapi salah, akhirnya ane
malu dong. Haha. Ternyata yang benar adalah akhir bulan berikutnya, TET TOT
rasanya pengin banget potong rambut sampe botak karena malu ama rambut. Wkk.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Apa pendapatmu atas tulisa saya di atas?