MENU

MENU : TERAS I MESSENGER OF PEACE I CURHATAN HATI I SASTRA & CERITA I PENGALAMAN HIDUP I IDE DAN TIPS I PRAMUKA I TENTANG TEGAL I


Instagram Instagram

Senin, 28 April 2014

Menantang Dunia itu Gue

Ini hal yang gue gak habis pikir sebenarnya karena memang inilah gue. Gue ngerasa kalau dunia ini gak cukup buat gue, gue butuh lebih dari ini. Ngerasa kalau bumi ini sempit banget dan pengin keluar dari permukaannya pergi ke bulan. Inilah gue. Kadang udah dikasih enak, tapi malah nantang. Yups, gue gak bisa pungkiri kalau gue kadang ngerasa kurang bersyukur atas nikmat Allah yang sudah dikasih ke gue dan sodara-sodara gue dengan cara terus mencoba hal baru dan menantang dunia. 

Gue nangis saat gue gagal, gue senyum saat gue berhasil atas sesuatu. Walau gue gagal, entah kenapa gue ngerasa kalau itulah cambukan buat gue dari Yang di Atas bahwa gue itu gak ada apa-apanya dibanding dengan yang lain. Yang lain itu jauh lebih baik, bermanfaat, dan sempurna, setidaknya di mata gue yang gak sempurna ini. Gue ini memang bener-bener gak ada apa-apanya, karena entah kenapa gue itu selalu di bawah orang. Saat gue ngerasa di bawah orang dan ngerasa gak sanggup, perasaan untuk setidaknya gak buat malu itu MUNCUL dengan belajar apa aja yang bisa dipelajari. The end, kadang gue mpe akhir atau gue stop di awal, tapi lambat laun gue sadar kalau gue itu ada sesuatu yang lebih, yaitu nekat dan bodoh. Itu gue, udah nekat dan gak mikir apa-apa, yang penting jalan. Jalan setelah gue gagal atau gue menang gue gak pikirin. Gue lakuin yang hari ini gue lakuin dan gak mikir besok mau ngapain karena gue masih hidup hanya untuk hari ini, dan menurut gue itu lebih ngeri.

OK gini kasarannya, gue pernah nonton film Korea yang ngehits abis tahun 2011 kalau gak salah, A man From Nowhere. Intinya dia itu gak mikir besok mo jadi apa, endingnya dia memang gak jadi apa-apa. Tapi ketika dia mengejar sesuatu (target/ incaran dia), sumpah dia kayak orang kesurupan,mau ngelakuin apa aja, termasuk bantai orang-orang. Dia bilang kepada musuhnya," kamu hidup untuk hari esok, sedangkan aku hidup untuk hari ini, kamu akan lihat betapa kejamnya orang seperti itu". Haha, lucu sih sebenarnya dan gak masuk di akal.However, itu akhirnya masuk dalah kehidupan gue. Gue itu sukanya coba-coba mumpung masih muda. 

Pengalaman gue ikut seleksi Pertukaran Pemuda Antar Negara tingkat Jawa Tengah membuat gue gila hanya karena gue pingin coba gituan, alasannya memang gue gak pernah seleksi gituan. Gue sebenarnya nothing to lose karena ada sebab dari pihak ortu yg agak alot terkait masa depan gue, but  gue tetep kekeh coba. Bayangkan Selasa malam gue balik ke rumah, dan Rabu malam gue udah otwe ke Jogja, ke kos gue. Paginya gue masih  berkativitas seperti biasa.Badan gak remuk untungnya. Itu Rabu pagi cuma buat ketemu 10 menit ama kepala dinas DINPORA Kab Tegal, Jawa Tengah. dan sisa 10 jamnya adalah buat SKCK atau kartu kuning. Seharian gue pontang-panting dapetin SKCK, dari RT, RW, Keluraha, Kecamatan, dan akhirnya POLRES TEGAL. Syukur banget pas!

NExt, pas seleksi di Semarang. Gue mpe Semarang jam 10 malam guys dan itu untungnya ada teman gue, Anggit yang mau anter gue ke hotel di Simpang lima. Hehew. Paginya dengan membaca materi seadanya dari internet, gue ikut tes administrasi, kek TOEFL (ehllo, toefl gue itu 4-5 tahun yang lalu, dan toeic gue gak seberapa sebenarnya). Gue lolos

Tahap selanjutnya Tertulis. Gue gak tahu kenapa, gue bisa asal jawab dan asal silang aja tuh jawaban, 80 persen memang gue pernah baca sebenarnya apalagi masalah pengetahuan umum, dari negara tujuan gue, Aussie, mpe berita MH 370. Siapa sangka kalau berita kayak gini keluar. Sisa soal, setidaknya gue bisa jawab dengan ngitung kancing.

Heihei, gue gak nyangka yaws, gue masuk 10 besar haha. Padahal nahan pipis juga pas negrjain tes tertulis. 10 besar, gue ketemu orang orang gede. Cewek semua dan setiap orang punya kelebihan masing2. Ada yang udah s2 English broh, ada yang udah lulus s1, ada yang udah kerja di United Nation di Jakarta, ada yang lagi lanjut s2 di arsitek kalau gak salah, most of them are good in English, gak hanya good, tapi kereenn. Gimana gue gak langsung down liat mereka yang keerenn abis. Tapi gue gak bisa down gitu aj. Ada kebanggaan dalam diri gue, kalau gue itu bisa diberi kesempatan bersaing dengan teman-teman kayak mereka, serasa kalau level kompetisi gue naik, yang dari semua sederajt, sekarang bukan tarung ilmu tapi tarung pengalaman. Orang yang banyak pengalamanlah dan mampu mengolahnya yang akan jadi pemenangnya, gue yakin. 

di FGD atau forum group discussion, kita ditarik untuk ngomong di depan 9 yang lain. Ih sengit banget, ada yang suka motong karena gak tahan ngomong, ada yang ngomong terus, ada yang diam aja, macem-macem. Kalau gue? gue ngomong kalau diizinin ngomong dan kalau yang lain udah ngomong. Haha, pasrah banget gue :( tapi gkpp.

Pas makan siang, pengumuman ke 5 besar, u now what? Surprisingly, I was in big five. (ada nilai yang sama, jadi ada 6 orang di babak selanjutnya). Haha, akhirnya gue tahu bahwa, bahasa kita boleh bagus tapi perilaku tingkah laku kita itu tetap nomor satu dan gue percaya itu.

Tahap wawancara adalah tahap terpenting di setiap seleksi. Entah kenapa gue ngerasa itu titik di mana, gue gak bisa dong nothing to lose, gue harus dapat ini, tapi sekuat apapun gue mencoba kalau Allah gak berkehendak, gue gak bisa masuk 3 besar untuk tes kelengkapan. Gue down sebenarnya, dari hal yang gue anggap coba-coba aja, tapi gak sadar mpe akhir, gue itu berharap banget. Haha. 

At least, gue masih bisa belajar buat ujian dari jam 6 pagi, dan ujiannya jam 10karena gue mpe Jogja jam 12 malam dan tepar setelah itu :P.  Nilai gue gak jelek2 banget lah, haha. 

Oke guys. itu aja sih pengalaman biasa gue.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apa pendapatmu atas tulisa saya di atas?